[Bukti Ilmiah] Al Qur’an Terjaga Keasliannya, Manuskrip Kuno 'University of Birmingham' Ungkapkan Hal Ini

  wow  Muslim  - Penemuan manuskrip kuno, naskah Al Qur'an di University of Birmingham telah menjadi berita utama di seluruh dunia. Naskah ini menjadi bukti ilmah keaslian ayat-ayat Al Qur’an, sejak zaman Rasulullah hingga sekarang.

[Bukti Ilmiah] Al Qur’an Terjaga Keasliannya, Manuskrip Kuno 'University of Birmingham' Ungkapkan Hal Ini
Foto: Koleksi Universitas Birmingham, Inggris


Berdasarkan pengujian radiokarbon, naskah dalam tulisan arab kuno (Hijazi), diperkirakan berasal dari masa antara 568 dan 645 M (24 H), dan kemungkinan ditulis oleh salah seorang sahabat Nabi Muhammad.

Dalam rilis resmi yang disampaikan oleh pihak universitas, Rabu (22/7), Al Quran itu terdiri dari dua lembar perkamen. Ada beberapa bagian ayat dari surat Al Kahfi sampai Thaha di dalam perkamen tersebut. Namun tak semuanya utuh karena faktor usia.

Ayat Al Quran di perkamen tersebut ditulis dengan tinta kuno menggunakan huruf Arab yang dikenal dengan Hijaiyah. Selama bertahun-tahun, manuskrip tersebut itu tercampur dengan lembaran perkamen lainnya.

Perkamen tersebut dikumpulkan sejak tahun 1920an oleh Alphonse Mingana, seorang Imam yang lahir di dekat kota Mosul-Irak namun tinggal di Inggris. Koleksi Mingana kemudian disimpan di Universitas Birmingham di bawah Perpustakaan Riset Cadbury.

"Dengan memisahkan dua lembar dan menganalisis perkamen tersebut, kami membawa temuan menakjubkan dari koleksi Mingana," terang Susan Worrall, Direktur Koleksi Spesial di Birmingham.

Hasil tes radiokarbon menyebutkan bahwa perkamen tersebut ditulis antara tahun 568 hingga 645 masehi. Ini berarti ditulis berdekatan dengan masa Nabi Muhammad SAW yang hidup antara tahun 570 hingga 632 masehi.

Lembaran lain Al Quran tersebut, berada di Bibliothèque Nationale de France in Paris. Perkamen-perkamen tersebut berhasil 'selamat' menembus waktu dan membuktikan bahwa isi Al Quran memang tidak pernah berubah sejak diwahyukan.

Situs ilmfeed.com mencoba menulisnya kembali dalam bentuk tulisan arab masa sekarang.

[Bukti Ilmiah] Al Qur’an Terjaga Keasliannya, Manuskrip Kuno 'University of Birmingham' Ungkapkan Hal Ini
courtesy of ilmfeed.com


Grafik di atas menunjukkan bahwa tidak terjadi perubahan pada teks Al Qur’an, mereka adalah identik. Tidak ada kata-kata atau huruf yang berubah.

Berikut adalah terjemahan dari ayat-ayat yang ditampilkan dalam grafik:


[Bukti Ilmiah] Al Qur’an Terjaga Keasliannya, Manuskrip Kuno 'University of Birmingham' Ungkapkan Hal Ini


1.Thaahaa.

2. Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu (Muhammad) agar engkau menjadi susah;

3. Melainkan sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah),

4. diturunkan dari Allah yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi,

5. (yaitu) Yang Maha Pengasih, yang bersemayam di atas ‘Arsy.

6. Milik-Nya-lah apa yang ada di langit, apa yang di bumi, apa yang ada di antara keduanya dan apa yang ada di bawah tanah.

7. Dan jika engkau mengeraskan ucapanmu, sungguh, Dia mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi.

8. (Dialah) Allah, tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Dia, yang mempunyai nama-nama yang terbaik.

9. Dan apakah telah sampai kepadamu kisah Musa?

10. Ketika dia (Musa) melihat api, lalu dia berkata kepada keluarganya, “Tinggallah kamu (di sini), sesungguhnya aku melihat api, mudah-mudahan aku dapat membawa sedikit nyala api kepadamu atau aku akan mendapat petunjuk di tempat api itu.”

11. Maka ketika dia mendatanginya (ke tempat api itu) dia dipanggil, “Wahai Musa!

12. Sungguh, Aku adalah Tuhanmu, maka lepaskan kedua terompahmu. Karena sesungguhnya engkau berada di lembah yang suci, Thuwa.

13. Dan Aku telah memilih engkau, maka dengarkanlah apa yang akan diwahyukan (kepadamu).


Catatan:

Perkamen adalah media untuk menulis yang dibuat dari kulit binatang. Yang biasa dipakai ialah kulit sapi, kambing, biri-biri, domba, dan keledai. Perkamen digunakan sebagai halaman dalam sebuah buku, kodeks atau naskah. Perkamen berbeda dengan kulit yang dipakai sebagai bahan.

Meski perkamen dalam proses pembuatannya direndam di dalam air kapur, perkamen tidak disamak. Sehingga perkamen peka terhadap kelembaban udara dan tidak tahan air. [Wikipedia]




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

 Portal Muslim Keren !  Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer  

komentar :


Selengkapnya

Selamat Tinggal Gubernur Lama, Selamat Datang Gubernur Baru


Segala puji bagi Allah yang telah memberi kenikmatan kepada warga DKI Jakarta dengan terpilihnya gubrnur baru Anies Baswedan yang akan dilantik besok Senin 16 Oktober 2017.

Alhamdulillah... Terasa begitu lama DKI Jakarta dipimpin oleh sosok-sosok yang tidak mencintai apalagi dicintai oleh para Ulama dan Habaib, sampai pertolongan Allah datang dan Anies
Baswedan dipilih oleh warga Jakarta sebagai Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 melalui kemenangan super telak di Pilkada Gubernur DKI Jakarta 2017.

Semoga Allah senantiasa curahkan keberkahan dari langit dan bumi bagi pemimpin dan hamba-hambaNya yang beriman dan bertaqwa.

وَلَوۡ أَنَّ أَهۡلَ ٱلۡقُرَىٰٓ ءَامَنُواْ وَٱتَّقَوۡاْ لَفَتَحۡنَا عَلَيۡہِم بَرَكَـٰتٍ۬ مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلۡأَرۡضِ

"Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi." (QS Al A'raf: 96)

Semoga tetap istiqomah dalam menjalankan tugas Pak Anies, kami sangat bangga padamu 🖒🖒🖒

*NB: (Foto) Haji Anies Baswedan Ph.D saat menjadi Imam Sholat dan para Ulama dan Habaib menjadi makmumnya, termasuk pimpinan Majelis Rasulullah Habib Nabil Al Musawwa.

Foto satunya...? bye bye bye.



Anies Baswedan "Philosopher King"


Abangku Denny JA mengkategorikan Anies Baswedan sebagai "pemikir". Track-recordnya selama ini memang identik di seputar dunia edukasi. Dari Rektor Paramadina sampai Menteri Pendidikan. Prestasi dan kinerjanya bagus. Ngga ada red-note. Yang ada, Anies difitnah.

Denny JA berharap Anies bisa jadi apa yang disebut Plato sebagai "Philosopher King", seorang pemimpin ideal yang cinta ilmu pengetahuan, dan memimpin dengan kearifan. Ini harapan semua orang.

Karena itu, menurut Denny JA, posisi gubernur adalah tantangan bagi seorang Anies Baswedan. A challenge bagi seorang pemikir sekaligus sukses jadi pemimpin pemerintahan. Denny JA kasi pedoman menarik: Visi, Kerja, Inspirasi.

Denny JA luar biasa. Pengalaman memenangkan sejumlah presiden, gubernur, walikota memposisikannya sekaliber resi, empu atau wizard.

Pedoman "visi, kerja, inspirasi" hanya sepanjang 1 inchi. Tapi ini merupakan kondensasi semua teori dan praksis leadership. Mirip rumus special relativity-nya Albert Einstein: E=MC2. Short, simple, yet contains every things in the universe.

Tapi, saya yakin Anies (bersama Sandiaga Uno) bakal sanggup memenuhi ekspektasi Denny JA dan banyak orang.

Anies, bagi saya, bukan hanya seorang thinker. Dia mantan Ketua HMI MPO di Yogyakarta. Artinya, dia mantan aktifis. Akarnya di gerakan. Jadi lengkap saat Anies kemudian berkutat di dunia pemikiran.

Rumusan visi, kerja, inspirasi saya terjemahkan jadi "planning, eksekusi, legacy". "Having a plan" adalah variable paling elementer dalam kitab The Art of War. Rencana sama dengan kalkulasi. Sun Tzu berkata, "the general who wins a battle makes many calculations in his temple ere the battle is fought."

Having a plan atau make a calculation tidak berarti ribet, lamban, ragu-ragu. Ingat kata Einstein, "We have to simplify, simplify, simplify. It takes more time, more thought, and more courage upfront to develop simple, straightforward systems and processes."

Begitu juga dimensi eksekusi. Anies-Sandi mesti cepat, tandas, menukik pada targeted point. Karena itu, mereka harus punya team work solid. Sehingga mereka bisa mewariskan (legacy) yang akan selalu diingat dan jadi inspirasi masyarakat Jakarta. Karena itu, mulailah dengan Bismillah.

Saya kira, istilah "tantangan" lebih tepat disebut "kesempatan".

Bagi seorang aktifis, sekarang adalah kesempatan bagi Anies Baswedan mengeksekusi apa pun projeksinya. Sebagai gubernur terpilih, dia punya legitimasi suara rakyat. Tidak ada lagi hambatan dan gangguan yang bakal menghalanginya mengeksekusi sebuah program. Dia ngga bisa lagi dipecat tanpa alasan.

Kata kunci dari saya: menyatulah dengan rakyat. Anies-Sandi dan rakyat mesti bagaikan ikan dan air. And everything is gonna be alright.

(Zeng Wei Jian)



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

 Portal Muslim Keren !  Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer  

komentar :


Selengkapnya

Video Penerobos Jalur Busway Mengamuk di Blok M Jadi Viral

  wow  Muslim  -  Seorang pengemudi mobil pribadi mengamuk dan memarahi pengemudi Bus TransJakarta di ruas jalur busway Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.
Pria tak dikenal ini marah karena mobilnya tertabrak Bus TransJakarta. Anehnya, pria itu tak sadar bahwa sebenarnya dia sudah bersalah, karena melaju di jalur khusus busway.

Apa yang dilakukan pria berkacamata itu kontan menjadi pembahasan hangat pengguna media sosial, apalagi setelah dua video yang merekam peristiwa itu beredar luas dan menjadi viral.
Video itu pertama kali diunggah di akun Facebook, Eris Riswandi, dalam video pertama berdurasi 21 detik, terekam detik-detik saat pria pemilik mobil pribadi mengadang laju Bus TransJakarta dan cek-cok mulut dengan sopir bus.
Saat pertikaian terjadi, penumpang yang ada dalam bus juga marah, mereka beramai-ramai meneriaki pria itu. “Bikin macet ini, bakar, bakar aja, hantam aja, hantam,” teriak penumpang.
Akhirnya pria itu masuk lagi ke mobil dan meninggalkan lokasi. Tapi, ternyata pria itu masih tak terima mobilnya tersenggol. Entah kenapa, tiba-tiba pria itu tetap melajukan mobilnya di depan Bus TransJakarta dan kembali mengadang laju bus itu, saat bus mulai masuk ke area Terminal Blok M, Jakarta Selatan.
Semua itu terekam dalam video kedua berdurasi 25 detik yang diunggah Eris. Pria itu nekat menghentikan mobil Toyota Yaris warna abu-abu monyet bernomor polisi B1615 BZE yang dikemudikannya di tengah jalur busway.
Dalam keterangan unggahan videonya, Eris menulis peristiwa ini terjadi kemarin, Selasa, 10 Oktober 2017.
“Tolong terkenalkan biar orang ini masuk TV.
Jadi pengendara mobil ini masuk jalur busway di Thamrin, trus kesenggol sama buswaynya. Akhirnya dia marah marah, karena lama dan orang juga pada takut telat trus penumpang nya marah marah dan belain supirnya. Eh ternyata gak cukup sampai disitu, pengendara mobil ini ngejar sampai ke pul bis di Blok M, gak tau tujuan nya buat apa malah ngalangin Busway lain…
Harusnya dengan bukti ini, pengendara ini sudah bisa di tilang dong ke rumahnya karena dia masuk jalur busway.
Kejadian nya kemarin 10/10/17”
Sementara itu, berdasarkan pantauan VIVA.co.id, sejak video ini diunggah, sudah lebih 200 ribu orang yang menontonnya dan sudah lebih dua ribu kali dibagikan. Lihat video berikut:




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

 Portal Muslim Keren !  Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer  

komentar :


Selengkapnya

Seperti apa PEMUDA SEJATI dalam pandangan IMAM SYAFII ?



وَذَاتُ الْفَتَى ـ واللَّهِ ـ بالْعِلْمِ وَالتُّقَى
إذَا لمَ يكُونا لا اعْتِبَارَ لِذَاتِهِ

Eksistensi seorang pemuda –demi Allah- adalah dengan ilmu dan ketaqwaan
Jika keduanya tidak ada padanya, maka tidak ada jati diri padanya.
(Al Imam Asy Syafi’i)



__
*Sumber: Diwan Al Imam Asy Syafi’I hal. 33-34, Maktabah Ibnu Sina




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

 Portal Muslim Keren !  Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer  

komentar :


Selengkapnya

Mengatakan Ajaran Agama Islam Gila, Video Akun Facebook ini Ditonton 8 Juta Kali

Sebuah akun facebook Prasetya mengunggah video orang yang diduga mempunyai akun facebook bernama Donald Frans. Akun Frans ini bicara tentang Allah dan agama Islam yang menurutnya Islam itu ajaran agama yang gendeng (gila). Ia juga mengatakan Allah itu punya musuh.




Ia bertanya bagaimana Allah yang menguasai dan menciptakan seluruh alam punya musuh. Selengkapnya bisa lihat bagaimana ia bicara panjang lebar mengkritik agama Islam.


Selain upload video, diduga Akun Frans ini juga menantang bila ada muslim yang ingin dia ceramah di hadapan banyak orang Islam ia bersedia diundang di depan ribuan orang. Ia ingin mengadakan acara di Jawa Timur atau di Jawa Tengah, dan terbukan untuk umum. Demikian permintaanya.


Ia mensyaratkan harus ceramah 7 jam dan undang wartawan-wartawan dari media-media, minimal 7 media. Ia mengatakan akan membongkar kesesatan Islam. Tak sampai disitu, akun inipun meninggalkan nomor telpon berikut 0817971 9991, yang juga bisa dihubungi melalui aplikasi WhatsApp.


Entah apa yang ia bicarakan, karena sepertinya ia sendiri tidak paham dengan apa yang ia ucapkan. Barangkali ia membaca Surat Al Fatihah yang setiap kali sholat, seorang muslim pasti membacanya. Dimana dalam  Surat Al Fatihah ayat 6 dan 7.

“Tunjukilah kami jalan yang lurus,
(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.” [Al Faatihah 6-7]



Mungkin itu, tapi entahlah disitu tidak ada kata musuh. Karena Allah hanya membenci dan murkan kepada orang yang sesat dan berbuat kerusakan di bumi ini. Wallahu A'lam.





Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

 Portal Muslim Keren !  Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer  

komentar :


Selengkapnya

Sulit Mendapatkan Kebahagiaan? Simaklah Kisah Lebah dan Lalat Ini

  wow  Muslim  - Mengapa lebah cepat menemukan bunga? Mengapa lalat cepat menemukan kotoran?

Karena naluri lebah hanya menemukan bunga. Sedangkan naluri lalat hanya menemukan kotoran. Lebah tidak tertarik pada kotoran, lebah tertarik pada harum dan keindahan bunga. Alhasil lebah kaya akan madu. Sedangkan lalat kaya kuman penyakit.





Lalu, mengapa ada orang yang menjadi jahat dan ada orang menjadi baik? Orang jahat tidak tertarik pada hal-hal yang baik, sebaliknya pada hal-hal yang jahat dan menyakitkan: bohong, permusuhan, gosip, dan emua hal-hal jahat. Orang baik ialah orang yang tidak tertarik akan hal-hal buruk.

Hidup ini sangat tergantung dengan hati dan pikiran. Apa yang dipikirkan, menghasilkan yang dilihat. Apa yang dilihat menghasilkan yang diperoleh.


Jika hati dan pikiran selalu negatif maka apa saja yang dilihat akan selalu negatif. Hasilnya adalah penderitaan, sakit hati, kecewa, iri hati, dan sirik.

Bagaimana bila ingin berhasil dan ingin bahagia? Miliki hati dan pikiran yang selalu positif, maka apa saja yagn dilihat akan selalu positif dan hasilnya adalah kebahagiaan.

Jika kita seperti lebah yang menghasilkan madu, maka orang-orang di sekeliling kita juga akan mencicipi manisnya. Tapi jika kita seperti lalat, maka kuman yang kita tebarkan akan mencelakakan orang lain.

Ciptakan positive thinking di setiap kita bangun tidur.






Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

 Portal Muslim Keren !  Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer  

komentar :


Selengkapnya

Belajar dari Abu Lahab, Ia Punya Segalanya Tapi Tak Bermanfaat Untuknya

Paman Nabi  yang hidup di masa kerasulan ada empat orang. Dua orang beriman kepada risalah Islam dan dua lainnya kufur bahkan menentang. Dua orang yang beriman adalah Hamzah bin Abdul Muthalib dan al-Abbas bin Abdul Muthalib radhiallahu ‘anhuma.

Satu orang menolong dan menjaganya, tidak menentang dakwahnya, namun ia tidak menerima agama Islam yang beliau bawa. Di adalah Abu Thalib bin Abdul Muthalib. Dan yang keempat adalah Abdul Uzza bin Abdul Muthalib. Ia menentang dan memusuhui keponakannya. Bahkan menjadi tokoh orang-orang musyrik yang memerangi beliau .

Nama terakhir ini kita kenal dengan Abu Lahab. Dan Alquran mengabadikannya dengan nama itu.

Sifat Fisiknya

Lewat film dan gambar-gambar, Abu Lahab dikenalkan dengan perawakan jelek (tidak tampan) dan hitam. Sehingga kesan garang seorang penjahat begitu cocok dengan penampilannya. Namun, sejarawan meriwayatkan bahwa Abu Lahab adalah sosok yang sangat putih kulitnya. Seorang laki-laki tampan dan sangat cerah wajahnya. Demikianlah orang-orang jahiliyah mengenalnya.

Pelajaran bagi kita, Abu Lahab memiliki nasab yang mulia. Seorang Quraisy. Paman dari manusia terbaik dan rasul yang paling utama, Muhammad . Memiliki kedudukan di tengah kaumnya. Memiliki paras yang rupawan. Namun semuanya tidak ada artinya tanpa keimanan. Allah  hinakan dia dengan mencatatnya sebagai seorang yang celaka. Dan dibaca oleh manusia hingga hari kiamat dalam surat al-Masad.

Sementara Bilal bin Rabah. Seorang budak, hitam, tidak pula tampan, dan jauh dari kedudukan serta kemapanan. Namun Allah ﷻ muliakan dengan keimanan. Oleh karena itu, janganlah tertipu dengan keadaan.

Rasulullah  bersabda,

إِنَّ اللَّهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوبِكُمْ وَأَعْمَالِكُمْ

“Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian.” (HR. Muslim no. 2564).

Mengapa Ia Disebut Abu Lahab?

Kun-yah dari Abdul Uzza bin Abdul Muthalib adalah Abu Lahab. Lahab artinya api. Karena Abdul Uzza ketika marah, rona wajahnya berubah menjadi merah layaknya api. Dengan kun-yahnya inilah Alquran menyebutnya, bukan dengan nama aslinya. Alasannya:

Pertama: Karena Alquran tidak menyebutkan nama dengan unsur penghambaan kepada selain Allah. Namanya adalah Abdul Uzza yang berarti hambanya Uzza. Uzza adalah berhala musyrikin Mekah.
Kedua: Orang-orang lebih mengenalnya dengan kun-yahnya dibanding namanya.

Ketiga: Imam al-Qurthubi rahimahullah menyatakan dalam tafsirnya bahwa nama asli itu lebih mulia dari kun-yah. Oleh karena itu, Allah menyebut para nabi-Nya dengan nama-nama mereka sebagai pemuliaan. Dan menyebut Abu Lahab dengan kun-yahnya. Karena kun-yah kedudukannya di bawah nama. Ini menurut al-Qurthubi rahimahullah.

Orang-orang di masanya juga mengenal Abu Lahab dengan Abu Utbah (ayahnya Utbah). Namun karena kekafiran, Allah ﷻ kekalkan nama Abu Lahab untuknya. Sebenarnya ia adalah tokoh Mekah yang cerdas. Sayang kecerdasan dan kepandaiannya tidak bermanfaat sama sekali di sisi Allah, karena tidak ia gunakan untuk merenungkan kebenaran syariat Islam yang lurus.

Anak-anaknya

Abu Lahab memiliki tiga orang anak laki-laki. Mereka adalah Utbah, Mut’ib, dan Utaibah. Dua nama pertama memeluk Islam saat Fathu Mekah. Sedangkan Utaibah tetap dalam kekufuran.

Di antara kebiasaan bangsa Arab adalah menikahkan orang-orang dalam lingkar keluarga dekat. Sebelum menjadi rasul, Rasulullah ﷺ menikahkan anaknya Ummu Kultsum dengan Utaibah dan Ruqayyah dengan Utbah.

Ketika surat Al-Masad turun, Abu Lahab mengultimatum kedua putranya,

“Kepalaku dari kepala kalian haram, sebelum kalian ceraikan anak-anak perempuan Muhammad!!”, kata Abu Lahab. Ia mengancam kedua putranya tidak akan bertemu dan berbicara kepada mereka sebelum menceraikan putri Rasulullah .

Ketika Utaibah hendak bersafar bersama ayahnya menuju Syam, ia berkata,

“Akan aku temui Muhammad. Akan kusakiti dia dan kuganggu agamanya. Saat di hadapannya kukatakan padanya,

‘Wahai Muhammad, aku kufur dengan bintang apabila ia terbenam dan apabila ia dekat dan bertambah dekat lagi…’ Lalu Utaibah meludahi wajah nabi kemudian menceraikan anak beliau, Ummu Kultsum.
Nabi ﷺ mendoakan keburukan untuknya,

“Ya Allah, binasakan dia dengan anjing dari anjing-anjingmu.” (Dihasankan oleh al-Hafizh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari, 4/39). Utaibah pun tewas diterkam singa.

Sementara Abu Lahab mati 7 hari setelah Perang Badr. Ia menderita bisul-bisul di sekujur tubuh. 3 hari mayatnya terlantar. Tak seorang pun yang mau mendekati bangkai si kafir itu.

Karena malu, keluarganya menggali lubang kemudian mendorong tubuh Abu Lahab dengan kayu panjang hingga masuk ke lubang itu. Kemudian mereka lempari makamnya dengan batu hingga jasadnya tertimbun. Tidak ada seorang pun yang mau membopong mayitnya, karena takut tertular penyakit. Ia mati dengan seburuk-buruk kematian.
Pasangan Dalam Keburukan

Istri Abu Lahab adalah Ummu Jamil Aura’. Nama yang tak seindah karakter aslinya. Ia diabadikan dalam surat al-Masad sebagai wanita pembawa kayu bakar. Perlakuannya amat buruk terhadap Rasulullah . Ia taruh kayu dan tumbuhan berduri di jalan yang biasa dilewati Rasulullah ﷺ di malam hari agar Nabi tersakiti. Ia tak kalah buruk dengan suaminya.

Ummu Jamil adalah wanita yang suka mengadu domba dan menyulut api permusuhan di tengah masyarakat. Ia memiliki kalung mahal dari permata, “Demi al-Lat dan al-Uzza, akan kuinfakkan kalung ini untuk memusuhi Muhammad”, katanya. Allah ﷻ gantikan kalung indah itu dengan tali dari api Jahannam untuk mengikat lehernya di neraka.

Ketika Allah ﷻ menurunkan surat al-Masad yang mencelanya dan sang suami, wanita celaka ini langsung mencari Rasulullah . Sambil membawa potongan batu tajam, ia masuk ke Masjid al-Haram. Rasulullah ﷺ bersama Abu Bakar berada di sana.

Saat telah dekat, Allah ﷻ butakan pandangannya dari melihat Rasulullah . Ia hanya melihat Abu Bakar. Tak ada Muhammad ﷺ di sampingnya.

“Wahai Abu Bakar, aku mendengar temanmu itu mengejekku dan suamiku! Demi Allah, kalau aku menjumpainya akan aku pukul wajahnya dengan batu ini!!” Cercanya penuh emosi.

Kemudian ia bersyair,
مُذمماً عصينا ، وأمره أبينا ، ودينه قلينا
Orang tercela kami tentang
Urusan kami mengabaikannya
Dan agamanya kami tidak suka
Ia ganti nama Muhammad (yang terpuji) dengan Mudzammam (yang tercela). Kemudian ia pergi.

Abu Bakar bertanya heran,

“Wahai Rasulullah, tidakkah engkau mengira dia melihatmu?”
“Dia tidak melihatku. Allah telah menutupi pandangannya dariku”, jawab Rasulullah .


Pelajaran:

Pertama: Abu Lahab memiliki segalanya. Ia menyandang nasab mulia, bangsawan dari kalangan bani Hasyim. Terpandang dan memiliki kedudukan di tengah kaumnya. Paman manusia terbaik sepanjang masa. Berwajah tampan. Seorang yang cerdas dan pandai memutuskan masalah. Profesinya pebisnis, mengambil barang dari Syam untuk dipasok di Mekah atau sebaliknya. Tapi sama sekali tidak bermanfaat untuknya. Karena itu, seseorang jangan tertipu dengan dunia yang ia miliki. Apalagi yang tidak memiliki dunia.

Kedua: Penampilan fisik, kedudukan, kekayaan, bukanlah acuan seseorang itu layak diikuti dan didengarkan ucapannya. Karena sering kita saksikan di zaman sekarang, orang kaya lebih didengar dan diikuti daripada para ulama. Ketika motivator bisnis, mereka yang menyandang gelar akademik tinggi, berbicara tentang agama, masyarakat awam langsung menilainya sebuah kebenaran.

Ketiga: Pasangan seseorang itu tergantung kualitas dirinya. Ia bagaikan cermin kepribadian.

Keempat: Hidayah Islam dan iman itu mahal dan berharga. Sebuah kenikmatan yang tidak Allah berikan kepada keluarga para nabi. Anak Nabi Nuh, istri Nabi Luth, ayah Nabi Ibrahim, dan paman Rasulullah Muhammad , Abu Thalib dan Abu Lahab, tidak mendapatkan kenikmatan ini. oleh karena itu, kita layak bersyukur. Allah memilih kita menjadi seorang muslim sementara sebagian keluarga para nabi tidak. Pantas kita syukuri nikmat ini dengan mempelajari Islam, mengamalkan, dan mendakwahkannya.

Sumber:

– Hisyam, Ibnu. 2009. Sirah Ibnu Hisyam. Beirut: Dar Ibn Hazm.
– Tafsir al-Qurthubi surat al-Masad ayat 1-5: http://quran.ksu.edu.sa/tafseer/qortobi/sura111-aya1.html
– Tafsir Ibnu Katsir surat al-Masad ayat 1-5: http://quran.ksu.edu.sa/tafseer/katheer/sura111-aya1.html#katheer

Oleh Nufitri Hadi (@nfhadi07)




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

 Portal Muslim Keren !  Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer  

komentar :


Selengkapnya

WOW MUSLIM - Portal Muslim Keren !

Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer

SHARE ARTIKEL INI 


Daftar Artikel Menarik Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Back to Top